Sejarah Kerajaan Hindu di Indonesia

No comment 484 views
Sejarah kerajaan hindu di Indonesia sampai sekarang masih belum diketahui kapan mulai datangnnya atau masuknya ke Negara Indonesia. Namun diperkirakan bahwa Agama Hindu datang ke Indonesia melalui para pedagang yang berasal dari India dan menetap di Negera Indonesia. Banyak pengaruh yang dapat kita lihat dari pengaruh agama dan kebudayaan India di Indoneisa.

Sejarah kerajaan hindu di Indonesia, Kerajaan-kerajaan bercorak hindu di Indonesia

Sejarah kerajaan hindu di Indonesia

Berikut beberapa bukti kebudayaan India dan pengaruh Agama Hindu di Indonesia :
  • Banyak penduduk yang memeluk agama Hindu setelah para pendatang dari India memperkenalkan agama Hindu.
  • Masyarakat Indonesia dahulu tidak mengenal sistem kerajaan. Sistem pemerintahan yang ada pada waktu itu adalah pemerintahan desa yang dipimpin oleh kepala suku. Kedudukan sebagai kepala suku tidak di-wariskan secara turun-temurun. Karena pengaruh agama Hindu, sistem pemerintahan desa diganti kerajaan.
  • Adanya hasil kebudayaan khas India seperti bangunan candi, seni pahatan patung, seni relief, dan seni sastra. Dalam bidang sastra kebudayaan India memperkenalkan budaya baca tulis dalam huruf Pallawa dan bahasa Sansekerta.
Berikut beberapa kerajaan Hindu di Indonesia :
  • Kerajaan Kutai adalah kerajaan Hindu tertua di Indonesia, didirikan sekitar tahun 400 masehi. Letaknya di tepi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur dan dipimpin oleh Raja Kudungga.
  • Kerajaan Tarumanegara adalah kerajaan Hindu tertua di Pulau Jawa, berdiri kira-kira pada abad ke- 5 Masehi. Lokasi kerajaan itu sekitar Bogor, Jawa Barat dan dipimpin oleh Raja Purnawarman.
  • Kerajaan Kediri adalah kerajaan terletak di sekitar Kali Berantas, Jawa Timur dan dipimpin oleh Raja Kameswara.
  • Kerajaan Singasari adalah kerajaan yang terletak di Singasari, Jawa Timur dan dipimpin oleh Ken Arok pada tahun 1222-1227 M.
  • Kerajaan Majapahit adalah kerajaan yang dibangun oleh Raden WIjaya berlokasi di hutan yang dinamai Majapahit, nama Majapahit sendiri diambil dari buah maja, dan rasa "pahit" dari buah tersebut.
Demikianlah kisah perjalanan sejarah kerajaan hindu di Indonesia semoga dapat bermanfaat, jangan lupa untuk like fan page facebook kami, untuk mendapatkan informasi terbaru dari kami. Jika ingin melanjutkan lengkap tentang sejarah kerajaan Majapahit, silahkan membuka ini Sejarah kerajaan Majapahit di Indonesia.