Sejarah Kerajaan Majapahit di Indonesia

No comment 13 views
Sejarah kerajaan Majapahit di Indonesia merupakan kerjaan yang berdiri sekitar tahun 1293-1500M, Kerajaan Majapahit merupakan kerajaan besar di Negara Indonesia. Kerajaan Majapahit berlokasi di hutan Tarik berdekatan dengan Delta sungai Berantas, Mojokerto, Jawa Timur. Kerajaan Majapahit adalah kerajaan yang sangat sukses dimasa itu dan merupakan kerjaan Hindu yang berhasil menguasai Nusantara serta merupakan Kerjaan Hindu yang terakhir. Sejarah Kerajaan Majapahit di Indonesia, Peninggalan Kerajaan Bercorak Majapahit di Indonesia

Sejarah Kerajaan Majapahit di Indonesia

Kerjaan majapahit juga merupakan kerajaan dengan wilayah kekuasaan yang terbesar dalam sejarah Negara Indonesia, kerajaan Majapahit mengalami masa puncak kejayaannya pada tahun 1350-1389 di masa kepemimpinan Hayam Wuruk dengan daerah kekuasaan di Jawa, Sumatra, Semenanjung Malaya, Kalimantan, hingga Indonesia timur, meskipun wilayah kekuasaannya masih diperdebatkan. Untuk membuktikan besarnya kekuasaan dan panjangnya perjalanan kerajaan Majapahit kita dapat melihat sejarah kerjaaan Majapahit di Indonesia melalui kepemimpinan raja-raja dari masa ke masa yang memerintah di kerajaan Majapahit. Berikut perjalanan kisah pemerintahan kerajaan Majapahit :
  • Pemerintahan Raden Wijaya (1293-1309), Raden Wijaya adalah seorang keturunan penguasa Singasari.
  • Pemerintahan Jayanegara (1309-1328), Kalagemet adalah putra Raden Wijaya dan putri Melayu, Dara Petak. Setelah menjadi raja, Kalagemet bergelar Sri Jayanegara.
  • Pemerintahan Tribuwanatunggadewi (1328-1350), dipimpin oleh Ratu Sri Gitarja yaitu putri dari Rajapatni (Gayatri). Ratu Sri Gitarja mendapatkan gelar Tribuwanatunggadewi Jayawisnuwardhani pada masa kepemimpinannya.
  • Pemerintahan Hayam Wuruk (1334-1389), dipimpin oleh putra dari Ratu Tribuwanatunggadewi yaitu Hayam Wuruk.
  • Kusumawardhani-Wirakramawardhana (1389-1429) dipimpin oleh Wirakramawardhana.
Setelah lima kekuasaan tersebut diatas kemudian terjadi perang saudara di Paregreg, Bhre Wirabumi terbunuh dalam perang itu, kemudian pada tahun 1429 Wirakramawardana wafat.Wirakramawardana digantikan oleh Suhita. Suhita digantikan oleh Bhre Tumapel Kertawijaya. Beliau hanya empat tahun memerintah. Pengganti berikutnya adalah Bhre Pamotan yang bergelar Srirajasawardhana. Bhre Pamotan wafat pada tahun 1453 dan tidak ada penggantinya. Baru pada tahun 1456, muncul Bhre Wengker yang bergelar Girindra Wardhana. Pertentangan keluarga kerajaan Majapahit terus berlanjut sampai pemerintahan Ranawijaya. Pada tahun 1522, Majapahit dikuasai oleh Demak. Demikianlah informasi tentang sejarah kerajaan Majapahit di Indonesia semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk like fan page facebook kami untuk mendapatkan informasi terbaru yang lainnya.