Pengertian Router dan Cara Kerja

No comment 15 views
Pengertian Router dan cara kerja - Router merupakan salah satu perangkat network yang memiliki fungsi untuk menghubungkan beberapa network baik dengan menggunakan topologi bus, star atau dengan ring.

Pengertian Router dan Cara Kerja

Pengertian Router

Router adalah salah satu alat yang berfungsi untuk mengirim paket data melalui sebuah jaringan atau internet dengan melalui proses routing. Router sangat banyak digunakan dalam jaringan berbasis teknologi protokol TCP/IP, dan router jenis itu disebut juga dengan IP Router. Selain IP Router, ada lagi AppleTalk Router, dan masih ada beberapa jenis router lainnya. Internet merupakan contoh utama dari sebuah jaringan yang memiliki banyak router IP. Router dapat digunakan untuk menghubungkan banyak jaringan kecil ke sebuah jaringan yang lebih besar, yang disebut dengan internetwork, atau untuk membagi sebuah jaringan besar ke dalam beberapa subnetwork  untuk meningkatkan kinerja dan juga mempermudah manajemennya. Selain itu Router juga dapat dipergunakan untuk menghubungkan LAN ke sebuah layanan telekomunikasi seperti halnya telekomunikasi leased line atau Digital Subscriber Line (DSL). Router yang digunakan untuk menghubungkan LAN ke sebuah koneksi leased line seperti T1, atau T3, sering disebut sebagai access server. Sementara itu, router yang digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal ke sebuah koneksi DSL disebut juga dengan DSL router.

Cara Kerja Router

Fungsi atau cara kerja router adalah untuk memberikan rute paket data (informasi). Untuk lebih jelasnya sebaiknya Anda perhatikan gambar dibawah ini :

Cara Kerja RouterPada gambar diatas terdapat 2 buah network yang terhubung dengan sebuah router. Network sebelah kiri yang terhubung ke port 1 router mempunyai alamat network 192.168.1.0 dan network sebelah kanan terhubung ke port 2 dari router dengan network address 192.155.2.0

  • Komputer A mengirim data ke komputer C, maka router tidak akan meneruskan data tersebut ke network lain.
  • Begitu pula ketika komputer F mengirim data ke E, router tidak akan meneruskan paket data ke network lain.
  • Barulah ketika komputer F mengirimkan data ke komputer B, maka router akan menruskan paket data tersebut ke komputer B.
Semoga informasi diatas tentang pengertian router dan cara kerja, dapat bermanfaat dan apabila Anda memiliki atau pernah mengalami kerusakan pada flashdisk Anda, berikut kami berikan tata Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Rusak