Cara Mengobati Flu Pada Bayi

No comment 209 views
Cara mengobati flu pada bayi atau balita haruslah extra hati-hati karena bayi masih memiliki indra yang begitu sensitif dan organ tubuh yang belum kuat, oleh karena itu sebaiknya Anda jangan sekali-kali memberikan obat atau penanganan tanpa resep dokter. Flu bisa dengan mudah menyerang bayi, karena bayi masih memiliki daya tahan tubuh yang masih sangat kurang, melihat dari kondisi tersebut maka sebaiknya Anda perhatikan beberapa tips atau cara berikut untuk mencegah datangnya flu pada bayi Anda. 

Cara Mengobati Flu Pada Bayi

Cara Mengobati Flu atau Pilek Pada Bayi

  • Jaga kebersihan tempat tidur bayi : Selalu cuci tangan sebelum menyentuh bayi, dan jaga kebersihan di sekitar tempat tidur ataupun lingkungan bayi.
  • Jaga asupan gizinya : Usahakan bayi mendapatkan asupan yang cukup, minum cairan hangat lebih sering. Jika masih mengkonsumsi ASI ekslusif, maka ASI sudah cukup hangat untuk melegakan hidung bayi dan memperbaiki daya tahan tubuhnya.
  • Istirahat atau tidur yang cukup : Usahakan agar bayi lebih sering tidur, meskipun itu bukan waktu tidurnya.
  • Menjaga jalan nafas : Miringkan kepala bayi ke satu sisi untuk membuatnya agar tetap bisa bernafas, seandanya flu atau pilek mulai mengganggu jalan nafasnya.
  • Berikan nebulizer kalau perlu : Jika anda tidak punya nebulizer, uap hangat dari ketel yang dilewatkan lewat pipa bisa membantu melegakan pernafasannya.
  • Jika sekeliling bayi Anda ada yang terserang flu sebaiknya ketika mendekati bayi Anda, untuk disarankan memakai masker
  • Periksakan ke dokter, jika flu tak kunjung sembuh
Semoga informasi tentang cara mengobati flu pada bayi atau balita diatas dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang memiliki momongan dan berhati-hatilah dalam mengobati flu pada bayi di rumah, anda harus cek secara teratur suhu tubuhnya. Berikut kami informasikan pula tentang kesehatan yaitu Cara Cepat Hamil Setelah KB.