Contoh Makalah Teknologi Informasi dan Komunikasi

No comment 78 views
Contoh makalah teknologi informasi dan komunikasi berikut kami hadirkan untuk Anda dengan beberapa pembahasan mengenai Komponen-komponen Komputer, Menggunakan Komputer Dengan Posisi Yang Benar, Mengidentifikasi Komputer Sesuai dengan Prosedur Yang Benar, Mematikan Komputer Sesuai Prosedur Yang Benar, Penanganan Proses dalam Sistem Operasi, Cara Membuat Berkas Baru Menggunakan Program Pengolahan Kata, Cara Menerapkan Formula dan Fungsi Sederhana Untuk Memanipulasi Data, Sejarah Internet dan Topologi Jaringan Komputer. Untuk lebih lengkapnya silahkan untuk membaca atau print makalah dibawah ini : 

Contoh Makalah Teknologi Informasi dan Komunikasi - pusber.com

Makalah Teknologi Informasi dan Komunikasi

KATA SAMBUTAN

Sebagaimana yang telah ditugaskan oleh guru mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk membuat beberapa lembar kliping menganai pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi, kami kelompok 2 telah membuatnya yang insya Alloh bisa bermanfaat bagi semua khususnya untuk kami. Teknologi Informasi dan Komunikasi ini untuk mempersiapkan semua peserta didik agar mampu mengantisipasi pesatnya perkembangan TIK, hal itu berpengaruh besar terhadap aspek kehidupan sehari-hari dan dimanfaatkan untuk beradaptasi di lingkungan. tujuan dibuatnya kliping ini untuk menambahkan nilai mata pelajaran ini, selain itu untuk menambah wawasan dan menguji kekompakan kelompok. Pepatah mengatakan “tiada gading yang tak retak”, tentu dalam penyajian kliping ini masih terdapat kesalahan dan kekurangsempurnaan, untuk itu kami meminta maaf, sekali lagi semoga dari hadirnya buku ini bisa bermanfaat.  

Wassalam,

Kelompok 2


OPERASI DASAR KOMPUTER

A.      Komponen-komponen komputer Komponen dasar yang terdapat pada system komputer tediri dari : 1)    Hardware (perangkat keras) merupakan perangkat keras yang terdapat pada system komputer. Hardware terdiri dari beberapa bagian, sepeti : a.    Alat input       :  keyboard,mouse,dll b.    Alat proses      : CPU ( Central Processing Unit ) dan mediaPenyimpanan. c.    Alat Output    :  Monitor dan Printer. 2)    Software ( perangkat lunak ) merupakan suatu program yang berisi intruksi-intruksi ( perintah ) yang tertulis dalam bahasa komputer yang dimengerti oleh hardware komputer. Salah satu jenis softwareyaitu : a.  Software Operating System, yaitu perangkat lunak dasar yang berfungsi sepenuhnya untuk mengendalikan system komputer. Fungsi utama dari system operasi antara lain :
  • Sebagai manajemen proses
  • Sebagai sumber daya
  • Sebagai manajemen data
Yang termasuk system operasi diantaranya :
  • DOS ( Disk Operating System )
  • Windows
  • Macintosh/Mac OS
  • Novell Netware
  • BeOS
  • OS/2
  • Palm OS
  • UNIX
  • LINUX
3).   Brainware ( User, Operator, Administrator )
  • User/Operator      :    Orang yang mampu mengoperasikan komputer
  • Administrator      :    Orang yang mengatur/merancang system kerja, urutan kerja, pengelolaan data sampai dengan output.
B.       Menggunakan Komputer Dengan Posisi Yang Benar Di bawah ini beberapa petunjuk sederhana yang dapat dilakukan pada saat menggunakan komputer agar terhindar dari bahaya yang tidak diinginkan. 1)        Pandangan mata Untuk mengurangi rasa sakit pada mata akibat pandangan focus ke layar monitor, disarankan agar monitor memiliki layar anti silau, atau memakai kacamata berwarna. 2)        Posisi tubuh
  • Jangan biarkan cahaya memantul langsung ke mata
  • Layar monitor harus berada di bawah pandangan mata
  • Pertahankan supaya siku sama tingginya dengan keyboard
  • Pergelangan menopang lengan supaya tidak tegang
  • Cari kursi yang ada penyangganya sebagai sandaran untuk menopang punggung.
  C.      Mengidentifikasi Komputer Sesuai dengan Prosedur yang Benar Langkah-langkah atau prosedur yang harus dilakukan dalam menghidupkan (turn on) computer adalah : 1)        Sambungkn semua kabel yang terhubung dengan perangkat komputer ke aliran listrik atau stop kontak 2)        Aktifkan CPU dengan menekan tombol power, tinggu sampai proses booting selesai 3)        Aktifkan monitor dengan menekan tombol yang ada pada monitor 4)        Tunggu sampai layar monitor menampilkan tampilan desktop 5)        Lakukan perintah sesuai dengan program yang diinginkan   D.      Mematikan Komputer Sesuai Prosedur yang Benar Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mematikan / menonaktifkan komputer (turn off) computer sesuai prosedur. 1)        Terlebih dahulu tutup program aplikasi yang sudah dijalankan 2)        Klik menu start 3)        Klik bagian turn off computer, hingga layar monitor menampilkan kotak dialog, klik turn off 4)        Klik tombol OK   E.       Penanganan Proses dalam Sistem Operasi Penanganan proses dalam system operasi meliputi multiprogramming, multitasking, penyimpanan virtual, tima sharing dan multiprocessing. 1)        Multiprogramming, adalah sesuatu metode yang memungkinkan dua buah program atau lebih dijalankan secara serentak dalam sebuah computer dan berbagai sumber daya dalam waktu yang berlainan. Konsep multiprogramming bisa diibaratkan sebagai pekerja yang tak hanya menangani satu pekerjaan, tetapi juga menangani pekerjaan lain, sehingga tidak ada waktu terbuang. 2)        Time sharing, adalah suatu metode yang dipakai system operasi yang memungkinkan sejumlah pemakai dapat berinterksi dengan proses yang dibuat secara bergantian dalam jumlah waktu yang sama. Time sharing merupakan pengembangan lebih lanjut dari multiprogramming. 3)        Penyimpanan virtual, adalah metode yang menangani sejumlah program dengan membagi program-program tersebut ke dalam bagian yang lebih kecil dan berukuran sama. Metode seperti ini diterapkan antara lain pada windows. 4)        Multitasking adalah kemampuan yang memungkinkan seseorang pemakai menjalankan sejumlah program dalam waktu yang sama. Cara ini umum dalam system PC. Dengan menggunakan system operasi Windows, seseorang dapat menjalankan program word untuk membuat dokumen dan sekaligus menjalankan program Excel untuk membuat perhitungan-perhitungan dalam table. Pmakai dapat berpindah dari satu program aplikasi yang satu dengan program aplikasi yang lain dengan mudah. 5)        Multiprocessing, adalah kemampuan system operasi yang menjalankan dua atau lebih instruksi secara serentak dengan menggunakan sejumlah CPU dalam sebuah computer. Melalui system ini kita dapat mengatur sejumlah CPU untuk menjalankan instruksi yang berbeda dalam sebuah program.

MEMBUAT BERKAS BARU MENGGUNAKAN

PROGRAM PENGOLAH KATA

A.      Menggunakan Sistem Operasi untuk menjalankan Manajemen File Windows Explorer merupakan salah satu fasilitas yang berfungsi untuk mengelola file dan folder.   B.       Membuat Berkas Baru Menggunakan Program Pengolah Kata Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat berkas baru adalah :
  • Klik menu file
  • Pilih new
  • Klik blank document
  • Klik OK
  C.      Mengedit atau Menyunting Teks Mengedit atau menyunting teks dapat kita lakukan terhadap teks atau dokumen yang telah kita buat. Biasanya penyuntu\ingan dilakukan untuk memperbaiki teks dokumen agar sesuai dengan keinginan. Kegiatan untuk melakukan penyuntingan naskah pada lembar kerja disebut Editing.   D.      Menggunakan Menu yang Berkaitan dengan Format Paragraph dan Spasi Untuk mengatur paragraph dan spasi, langkah pertama yang dilakukan adalah dengan mengklik menu format. Fasilitas yang digunakan untuk mengedit teks yang tadinya huruf kecil menjadi huruf besar atau sebaliknya secara otomatis adalah change case. Langkah-langkahnya :
  • Klik huruf yang akn dirubah
  • Klik format
  • Klik chang case
  • Pilih kategorinya ;
-       Sentence case           :    huruf capital di awal kalimat -       lower case                :    semua huruf kecil -       UPPER CASE         :    tiap huruf capital -       Title Case                 :    tiap huruf awal kata capital -       tOOGLE cASE       :    huruf awal kata kecil   E.       Menyalin dan meng-Copy teks Menyalin atau meng-copy bisa dilakukan dengan cara klik menu edit > copy atau dengan cara menekan Ctrl + C. kemudian untuk memunculkannya kembali bisa dengan mengklik menu Edit > Paste atau tekan tombol Ctrl + V.   F.       Menggabungkan Sel pada Tabel Menggabungkn sel dikenal juga dengan istilah marge cell. Apakah itu marge cell? Marge cell adalah menggabungkan dua atau lebih kolom atau sel yang terdapat pada table tersebut.   G.      Menyisipkan Gambar Gambar dapat dijalankan sebagai pendukung data dalam dokumen, sehingga orang tertarik untuk membaca dokumen tersebut. Langkah-langkahnya adalah : 1)        Tentukan posisi tempat menyimpan gambar 2)        Pilih dan klik menu insert > Picture > Clip Art sehingga muncul jendela task pane insert clip art 3)        Double click organize clips 4)        Klik gambar yang diinginkan, kemudian drag ke area kerja Word art merupakan fasilitas yang disediakan oleh Ms.Word yang berfungsi untuk membuat teks indah.  

MENERAPKAN FORMULA DAN FUNGSI

SEDERHANA UNTUK MEMANIPULASI DATA

  A.      Fungsi Statistik Pada umumnya fungsi statistik memerlukan argument berupa range. Dengan fungsi ini kita bisa melakukan analisis-analisis sederhana. Fungsi statistik yang sering kita gunakan antara lain : 1)        SUM : Digunakan untuk menjumlahkan data dalam suatu list (daftar) atau range. 2)        COUNT : digunakan untuk menentukan jumlah sel yang berisi data atau menghitung banyaknya data dalam list atau range. 3)        AVERAGE : digunakan untuk merata-ratakan data dalam list atau range (untuk menghitung nilai rata-rata dari sekumpulan data) 4)        MAX : digunakan untuk menentukan nilai maksimum (terbesar) data dalam suatu list atau range. 5)        MIN : digunakan untuk menentukan nilai minimum (terkecil) data dalam suatu list atau range. Tanda atau simbol yang digunakan untuk memulai menulis atau mengetik rumus pada sel adalah sama dengan (=). Sedangkan Int (inreger)digunakan untuk menentukan absolut.  

SEJARAH INTERNET

Internet pada mulanya merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh departemen pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969 melalui proyek ARPA (Advanced Research Project Agency). Yang memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. A.      Pengertian Internet Internet merupakan sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia. Fungsi utama dari internet adalah sebagai alat informasi dan komunikasi. Internet merupakan jaringan antar komputer yang saling terhubung, namun dalam era terbatas atau tertentu. Sedangkan jaringan adalah komputer yang saling terhubung dan dapat digunakan untuk saling berinteraksi dan bertukar informasi.   B.       Macam-macam Jaringan Komputer 1)        LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer yang biasanya digunakan di dalam sebuah gedung perkantoran, pabrik, perusahaan dan kampus yang jaraknya tidak terlalu jauh dan dibatasi tidak lebih dari beberapa radius meter. 2)        MAN (Metropolitan Area Network) merupakan LAN yang berukuran lebih besar. MAN digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan kecil ke dalam jaringan yang lebih besar. 3)        WAN (Wide Area Network) merupakan jaringan komputer yang lebih besar dari MAN. Jaringan WAN biasanya biasanya menggunakan transmisi wireless, microwave atau satelit karena jangkauan WAN mencakup geografis yang luas, yaitu beberapa negara bahkan dunia.  

TOPOLOGI JARINGAN KOMPUTER

Tipologi adalah suatu cara yang digunakan untuk menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan. A.      Macam-macam Tipologi Jaringan Komputer 1)        Topologi BUS Topologi BUS hanya menggunakan satu jalur kabel sebagai media transmisi. 2)        Topologi Token – Ring Topologi Token – Ring atau biasa disebut dengan topologi Ring adalah menghubungkan komputer dimana salah satu komputer dengan komputer yang ada di depan dan di belakangnya sehingga membentuk lingkaran (Ring). 3)        Topologi Star Disebut topologi star karena bentuknya mirip dengan binatang. Antara komputer berkomunikasi langsung dengan central (HUB). Lalu lintas data mengalir dari satu komputer dikirim ke central kemudian diteruskan ke komputer lain.   Satuan kecepatan akses internet transfer data (kecepatan sebenarnya) adalah KbPS/KBs (Kilobits per Second). Hardwere yang digunakan untuk melakukan koneksi ke internet menggunakan kabel telepon adalah Modem. Modem internal yang digunakan untuk Dial Up memiliki kecepatan maksimum 56 Kbps, itu berarti kita mengakses data sebesar 56 Kilobits setiap detiknya (1 Kbit = 1.000 bit). Salah satu penyebab kecepatan akses internet lambat yaitu : 1)        Jaringan sedang penuh 2)        Performance komputer pentium rendah 3)        Jaringan terputus Modem berfungsi untuk merubah signal digital menjadi signal analog dan sebaliknya. Sedangkan HUB berfungsi untuk menghubungkan kabel jaringan. Ada softwere khusus untuk membuka halaman web / internet diantaranya : Mozilla Firefox, Internet Explorer, Opera. Contoh browser internet yang disediakan microsoft adalah Internet Explorer. Search engine digunakan apabila kita tidak tahu alamat Web yang kita tuju, dengan memasukan “keyword” yang sesuai dengan materi yang kita cari maka search engine menampilkan alamat web tersebut.  Contoh : seorang siswa diberi tugas oleh guru untuk mencari data tentang gejala alam yang mengakibatkan banjir, maka keyword untuk mencari data di atas melalui fasilitas internet (Search engine) adalah Gejala Banjir. Search engine (mesin pencari) adalah suatu fasilitas internet yang dijalankan melalui browser. Ada beberapa Search engine yang dapat kita gunakan diantaranya adalah Google, wisenut, Althweb, Looksmart, Hotbot, Yahoo, MSN. sch.id adalah domain web yang diperuntukan untuk sekolah yang berada di Indonesia. org adalah domain web yang diperuntukan untuk organisasi internasional. Sedangkan com adalah domain web yang diperuntukan untuk komersil. Milis adalah mailing list yang berarti grup yang beranggotakan almat e-mail yang mendaftar pada grup tersebut atau fasilitas untuk forum diskusi di internet dengan menggunakan e-mail. Di dalam web ada istilah yang biasa disebut www yaitu kepanjangan word wide web. Chatting adalah ngobrol secara online di internet menggunakan tulisan atau teks. Software yang digunakan untuk chatting diantaranya Yahoo Messenger, Messenger IRC, MSN Messenger. Situs yang menyediakan fasilitas untuk bertukar foto yaotu Friendster. Blog adalah diari elektonik atau agenda sehari yang digunakan untuk menuliskan kegiaan atau kejadian yang terjadi oleh pemilik blog dan dituliskan di web. Sedangkan downl*ad adalah proses pengambilan file berupa teks / gambar / video / audio dan apa saja dari web / internet ke komputer kita. Upload adalah proses mengirim file dari komputer kita ke komputer lain atau internet. Akses internet yang menggunakan frekuensi radio dengan alat yang disebut acces point dikenal dengan sebutan Wi-Fi.
Semoga informasi tentang contoh makalah teknologi informasi dan komunikasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda yang sedang mencarinya, dan jangan lupa untuk like fans page facebook kami untuk mendapatkan makalah bahasa Indonesia yang benar lainnya serta informasi terbaru. Berikut kami sampaikan pula tentang Contoh Makalah Pengolahan Sampah.