Contoh Paragraf Deduktif Yang Benar

No comment 369 views
Contoh paragraf deduktif atau paragraf dengan pola umum - khusus - umum yang benar adalah paragraf yang diawali dengan pernyataan yang memiliki sifat umum, dilanjutkan dengan pernyataan-pernyataan yang memiliki sifat khusus, kemudian diakhiri dengan pernyataan yang memiliki sifat umum. Dengan kata lain paragraf deduktif merupakan jenis paragraf yang memiliki letak kalimat utama dibagian paragraf awal dan paragraf bagian akhir. Untuk lebih jelasnya mari kita simak beberapa ciri-ciri paragraf deduktif berikut :

Ciri-ciri Paragraf Deduktif

  • Kalimat utama ada di awal paragraf
  • Kalimat disusun dari pernyataan umum yang lantas disusul dengan penjelasan

Contoh Paragraf Deduktif - pusber.com

Contoh Paragraf Deduktif

Contoh 1 Ini tentang gaya hidup para wakil rakyat kita di Senayan. Ya, baru-baru ini heboh beredar berita tentang gaya hidup para wakil rakyat kita. Mobil mewah yang berhaga milliaran rupiah, yang membuat rumah rakyat di Senayan itu seperti showroom mobil mewah. Ada Alphard, Hummer dan Bentley. Publikpun heboh. Saya berfikir, padahal kita lah yang diwakili mereka, dan mereka adalah wakil kita, tapi mengapa yang MERDEKA hanya mereka yang sebagai wakil kita? Contoh 2 Saat ini aksi penggusuran sedang marak di beberapa tempat di DKI Jakarta. Dalam waktu yang amat singkat, banyak anak-anak yang kehilangan rumah mereka yang aman dan nyaman. Kini mereka harus hidup terlantar di tenda-tenda darurat. Mereka kelaparan, kedinginan atau kepanasan, sesak napas karena debu yang berterbangan, kudisan, dan muntaber karena lingkungan yang kotor. Penggusuran itu memunculkan trauma kejiwaan yang sangat berat akibat pengalaman yang sungguh mengerikan sewaktu peristiwa penggusuran terjadi. Mereka sampai saat ini masih banyak ketakutan dan mengalami tekanan mental. Termasuk ratusan anak-anak yang terpaksa tak bisa melajutkan sekolahnya karena perlengkapan sekolahnya musnah terbakar dan harus ikut menggungsi ke berbagai tempat yang tidak jelas. Contoh 3 Isle Royale, pulau terbesar di Danau Superior, Amerika Serikat, merupakan rumah bagi sejumlah binatang yang secara alamiah bermusuhan. Rusa besar yang gemar makan tumbuh-tumbuhan dan serigala yang gemar memangsa rusa besar sudah hidup berdampingaan di situ selama lebih dari 50 tahun. Contoh 4 Pada tahun 2015 mutu masyarakat indonesia makin rendah. Perihal ini bisa dilihat dari makin meningkatnya angka pengangguran di indonesia. Yang pada mulanya hanya 30%, presentase angka pengangguran serta pada tahun ini jadi tambah 40%. Angka kriminalitas di indonesia juga makin membeludak, serta yang sangat kronis banyak masyarakat indonesia yang tidak ikuti program pemerintah 9 tahun. Dipandang dari dua realita ini kita suda dapat mengukur sdm masyarakat indonesia.

Contoh Paragraf Deduktif - Induktif

Contoh I Hasil penelitian mengungkapkan bahwa tingginya kolesterol merupakan faktor resiko yang paling besar seseorang untuk menderita penyakit jantung kororner. Sebenarnya banyak faktor yang dapat mempengaruhi tinggi rendahnya kolesterol, tetapi yang dianggap paling besar perannya dalam masalah tersebut adalah tingginya konsumsi lemak serta kandungan konsumsi asam lemaknya. Dalam hal ini, minyak goreng merupakan sumber utama lemak yang tidak baik. Dengan demikian, kolesterol merupakan penyebab utama penyakit jantung koroner. Contoh II Siswa kelas VI belajar untuk menghadapi ujian dua bulan yang akan datang. Mereka sangat berkonsentrasi pada pelajaran yang diberikan oleh Ibu guru. Tampak situasi kelas lebih tenang. Keteangan kelas mereka bukan berarti sunyi dan sepi, tetapi suasana kelas mereka hidup, yaitu timbulnya tanya jawab tentang pelajaran yang sedang dibahas. Suasana yang hidup ini benar-benar membangkitkan semangat guru dalam menyampaikan materi pelajaran. Juga suasana yang hidup itu menimbulkan kesungguhan para siswa dalam belajar. Suasana giat belajar itu dilakukan dan diciptakan siswa kelas VI dalam menghadapi ujian yang sudah diambang pintu Contoh III Chairil Anwar terkenal sebagai penyair. Ia disebut penyair yang membawa pembaharuan dalam puisi. Ada yang mengatakan dia sebagai seorang individualis. Ada yang menilai bahwa ia seorang yang kurang bermoral dan plagiat karena ada sebagian kecil dalam gubahannya merupakan jiplakan dari puisi asing. Dalam sajak-sajaknya yang dikumpulkan dalam "Deru Campur Debu" memperlihatkan adanya perbedaan bentuk, corak, gaya, dan isi. Tanggapan orang terhadap Chairil berbeda-beda. Namun, bagaimanapun ia tetap seorang penyair besar yang membawa kesegaran baru dalam bidang puisi pada 1945 Contoh IV Di dalam memutuskan suatu kebijakan, presiden sebagai kepala negara dan sebagai kepala pemerintahan sangat membutuhkan pertimbangan dan nasehat dari seseorang atau sekelompok orang. Tujuannya ialah agar kebijakan yang diputuskannya sesuai dengan prinsip hukum, demokrasi, pemerintahan yang baik untuk mencapai tujuan negara. Para pendiri bangsa ini menyadari akan kebutuhan presiden mengenai hal itu. Oleh karena itu, Undang - Undang Dasar kitamengamanatkan untuk emmbentuk suatu dewan yang bertugas untuk itu. Yang penting adalah kebutuhan presiden akan pertimbangan dan nasehat dari pihak lain dapat terpenuhi sehingga ia tidak menyalahi peraturan yang ada. Contoh V Peningkatan taraf pendidikan para petani sama pentingnya dengan usaha peningkatan taraf hidup. Petani berpendidikan cukup dapat mengubah sistem pertanian tradisional, misalnya bercocok tanam hanya memenuhi kebutuhan pangan, menjadi petani yang produktif. Petani yang berpendidikan cukup, mampu memberikan umpan balik yang setimpal terhadap gagasan-gagasan yang dilontarkan perencana pembangunan, baik di tingkat pusat maupun di tingkat daerah. itulah sebabnya peningkatan taraf pendidikan para petani dirasakan sangat mendesak.
Demikianlah yang dapat kami sampaikan informasi tentang contoh paragraf deduktif semoga bermanfaat, dan berikanlah suport kepada kami dengan cara like fans page facebook kami agar kami tetap selalu semangat dalam memberikan informasi terbaru lainnya. Berikut kami sampaikan pula untuk Anda tentang Contoh Paragraf Induktif.