Cara Merawat Anak Kucing Yang Benar

No comment 314 views
Cara merawat anak kucing yang tanpa induk, pasca lahir dan setelah lahir memang sangat perlu perhatian khusus agar si anak kucing itu dapat tumbuh besar secara normal. Apabila Anda belum pernah mennghadapi hal seperti ini, pasti Anda akan bingung mau melakukan gimana agar anak kucing itu baik-baik saja. Namun, kebingungan Anda akan segera kami berikan jalan dengan beberapa tips dan cara terbaik merawat anak kucing seperti dibawah ini.

Cara Merawat Anak Kucing

Tips Cara Merawat Anak Kucing Yang Benar

Cara Merawat Anak Kucing Tanpa Induk

  • Bersihkan anak kucing anda sesering mungkin terutama setelah dia bangun tidur, karena nanti kotoran matanya akan menempel di mata dan membuat dia susah untuk melek jikalau kotorannya tidak dibersihkan. Pakai air hangat2 kuku untuk membersihkan badan untuk mengurangi efek dingin ke si anak kucing dan gunakan kapas yg dibasahi untuk membersihkan badannya.
  • Jangan memberikan anak kucing anda susu kental manis ataupun susu untuk orang dewasa karena mengakibatkan rusaknya pencernaan anak kucing anda, gunakan susu formula untuk bayi. Jika bingung menyuapi susunya anda bisa membeli dot khusus untuk anak kucing atau gunakan kapas basah dan diteteskan perlahan. (INGAT ! jangan menyuapi minuman langsung secara lurus ke dalam rongga mulutnya, teteskan perlahan dari SAMPING mulutnya, pemberian minum secara lurus langsung bisa mengakibatkan air masuk ke rongga paru2 si kucing !)
  • Jika susah nyari susu bisa pakai air putih biasa.
  • Kalau anak kucing anda rewel ya biasanya kalau tidak minta susu ya minta makan, klo sudah makan/minum biasanya saya kasih dia tidur di boneka saya yg modelnya berbulu tebal untuk memberikan efek nyaman ke si anak kucing (biasanya malah ada yg ngedot di boneka saya hehehe
  • Khusus untuk makanan anak kucing anda ada banyak macam produk yg ada di pasaran, kebetulan saya menggunakan produk Whiskas untuk anak kucing bayi 0-6 bln klo tidak salah. Jgn memberikan nasi ataupun yg berat2 ke anak kucing anda, pencernaannya belum siap untuk menerimanya, salah2 malah jadi mencret2 biasanya.
  • Sediakan box khusus untuk membiasakan dia kencing atau pup, pakai tisu atau koran atau bisa menggunakan pasir khusus.
  • Telaten, sabar dan memahami kebutuhan anak kucing anda adalah kunci untuk merawat binatang anda.

Cara Merawat Anak Kucing Setelah Lahir

  • Membersikan anak kucing dr kotoran, terutama pada tali pusar
  • Stlh melahirkan pastikan anak kucing mendapatkan kondisi yg hangat. Caranya dgn meletakan anak kucing di bawah handuk yg di atasnya terdapat botol berisi air hangat. Hal ini dilakukan karena kondisi mereka sesaat stlh dilahirkan dlm kondisi basah, lembab, & jika tdk dilakukan apa-apa suhu tubuh mereka dpt menurun dgn cepat.
  • Stlh membersihkan anak kucing segera kembalikan ke induknya.
  • Utk anak kucing yg baru lahir sgt penting utk mendapatkan susu pertama dr induknya karena akan melindungi si anak kucing dr infeksi. Jangan lupa utk juga memberi makan induk kucing makanan & air minum saat dia menyusui anak mereka.
  • Anak kucing dpt memakan makanan padat pada usia dua sampai tiga minggu. Sisihkanlah uang utk memberi mereka makanan komersial maupun susu komersial khusus anak kucing. Dlm masa pertumbuhann seperti hindar autk memberi susu sapi atau susu kambing karena masih belum dpt dicerna dgn sempurna karena mengandung laktosa.
  • Utk mengantisipasi anak kucing yg buang kotoran sembarangan maka sejak dini maka sediakan dua buah nampan utk mengganti kotoran & ganti nampan-nampan tersebut secara teratur pada siang hari. Secara alami anak kucing akan membuang kotoran disanan pada usia tiga sampai empat minggu.
  • Utk induk kucing yg menyusui sebaiknya atau mungkin harus diberi obat cacing setiap bulan. & utk anak kucingnya sendiri harus diberi obat cacing setiap dua minggu. Dimulai pada umur dua minggu sampai berumur tiga bulan.
  • Anak kucing anda dpt disapih mulai umur delapan minggu. Pada tahap ini induk kucing akan tdk selalu bersama anaknya hingga harus diberi makanan padat.
  • Supaya nantinya kucing tdk bertindak agresif dgn manusia. Maka anak kucing harus melakukan kontak terhadap manusia pada umur setidaknya dua sampai tujuh minggu.
  • Supaya kucing tdk menyusahkan anda, Berilah banyak rangsangan baru yg tdk mengancam tentunya. Misalkan saja bunyi-bunyian maupun bertemu dgn binatang lain.
Semoga informasi tentang tips cara merawat anak kucing diatas bermanfaat, dan berikut kami berikan sedikit tambahan, cara mengetahui jenis kelamin anak kucing itu jantan atau betina, yaitu dengan cara angkat ekornya lalu akan terlihat dua lubang. Jika ke dua lubang itu berjauhan maka itu pasti jantan & sebaliknya jika keduanya berdekatan maka kucing itu adalah betina.